#73 – Ironically, Funny

You look as strong as you did before, but you know we’re all tied, one to one.

Prompt #73: Patience
Warning:

Indonesian daily language and using much of profanities.

Satu tanggal; satu waktu; satu kesempatan yang mampu melumerkan lutut dan bikin semua mahasiswa di seluruh Indonesia kebakaran jenggot memikirkan masa depannya: hari di mana mereka harus mengisi Kartu Rencana Studi Yang Maha Agung, Yang Maha Esa atau biasa disingkat KRSYMAYME.

Mungkin mengisi secara manual punya kesulitan tersendiri, apalagi kalau grup angkatan sudah berkoar-koar di LINE sementara lo sedang liburan di Norwegia atau Kanada atau Ciracas atau Bantar Gebang atau di mana pun, deh, yang intinya nggak satu area dengan kampus. Alamat mesti rela memperpendek hari senang-senang, digantikan hati cenat-cenut, kantong yang terkuras buat tiket, ketemu dosen pembimbing akademis (dan maba kalau pas masa-masa OSPEK), terus belum tentu tuh dapat dosen yang bisa melancarkan indeks prestasi yang sakralnya melebihi piramida-piramida Mesir. Iya, mari berdoa sama-sama supaya bentuk grafiknya tidak kayak arena Mario Bros: udah naik turun, pendek-pendek lagi. Ha. Ha. Ha. Ha.

Itu kalau manual.

Beda lagi nih kalau universitas lo mempergunakan sistem isi KRS online. Khusus kasus ini, saran gue cuma satu: berdoalah supaya servernya tidak berengsek. O, sama satu lagi! Sekretaris departemen juga nggak punya ambisi jadi pacar lo! Berhasil dapet kelas yang diinginkan, bareng temen, nggak overquota dan bahagia? Eits, belum tentu. Sekretaris departemen tuh kadang suka iseng mindahin elo ke kelas-kelas yang tak terpikirkan. Dikira lo ulang tahun kali tiga kali setahun mungkin, ya, dikasih surprise melulu? Ho. Ho. Ho. Ho.

Nggak tau siapa yang salah. Programmer-nya sih katanya bagus dan tidak dipekerjakan hanya di satu universitas, jadi harusnya bukan human error. Atau mungkin si server yang belum siap menerima ribuan orang mengakses dalam waktu bersamaan? Lho, tapi ini ‘kan setiap semester ada, kok tidak diperbaiki? Gatau deh, gue bukan anak IT. Atau belum bayar tunggakan semester? Um … but, but, but, yang lain bisa, kok.

Ambil sisi positifnya: mengisi KRS online bisa jadi ajang pengukurkan keberuntungan lo. Kalau lancar, pujilah langit dan bumi, kalau enggak ya lo-nya aja yang zonk. Sana perabotan kamar cepetan diubah sesuai fengshui!

O, ya, tunggu, tunggu. Dengar suara-suara gaib itu:

“Kampret! Baru juga dua menit gue udah nggak dapet kelas?!”

“Yah, masa nggak sekelas sih?”

“Lo kelas A dosennya siapa? Si B bukan? Tailah, si C ‘kan D, E, F, G, udah gitu H lagi! Ancur dah IP gue semester ini. Fixed. Siap-siap tegang tiap pagi.”

“Eits, bukannya emang tegang tiap pagi?”

“He. He. He. Bacot lu, Anjing.”

“Etdah, servernya anjlok!”

What the fuck?!”

By the way, lo disuruh bayar dulu nggak? Masa’ tulisannya gue disuruh bayar dulu sih baru bisa ngisi padahal tagihan gue juga masih nol. Lagian kata administrator ‘kan gue bisa bayar besok asal nggak ngelewatin tenggat waktu?”

“Untungnya gue enggak?”

“Bangsat. Wk. Wk. Wk. Wk.”

Ckck, para mahasiswa ini. Katanya terpelajar, tapi kalau emosi, mulutnya kayak kebun binatang.

Ya sudahlah, mari kita nikmati masa-masa satu semester sekali ini sambil refresh-refresh asyik dan berdoa pada Yang Maha Pengampun supaya servernya cepat benar. Atau kayak si Otong tuh, cengar-cengir santai sambil menunjukkan meme-meme bikinan anak sekampus yang mendadak viral gegara peristiwa fenomenal ini.

Iya, percaya aja deh sama gue, nanti kapan-kapan juga kangen.

A/N:

  • this is shit, i know. not sorry.
  • lord, give me some patience.
  • foreword’s taken from broncho’s class historian. listen to it. fun, american high school/college-ish vibe.
16 thoughts on “#73 – Ironically, Funny

  1. Vin, i know what you feel.
    Krs-an online jam lapan malem dibuka, jam 8.05 kelas udah penuh aja. Pengen rasanya tuh gue hack ato apa gitu sistemnya biar kuota kelasnya infiniti. Mana katanya taun ini ga diliatin dosennya siapa cuman kelasnya aja, dan itu gambling banget. Syukur sih jadi adil gitu kan, walopun cepet tapi ga tau dosennya. Eh di hari H nya malah dikasi nama dosennya lengkap. Kan zbl.
    Belom lagi kalo kelas udah penuh dan keukeuh pengen ambil matkul itu harus nge-box dulu. Waiting list. Nunggu masa edit krs. Halah.
    Belom lagi kalo ada satu nilai membandel ga keluar2. Trus pas batas dapet auto A hampir ditutup baru nongol. Kan pengen berkata kasar. Di aku tuh kalo ada nilai yg belom keluar sampe masa krs-an bakal otomatis A gitu deh. Kan php 😦

    Oke fix gue jadi curcol di komenan evin wkwk lagian kesel banget tiap semester kayak gini hft. Ternyata emang hampir semuanya mengalami ya. waqwaq

    Like

    1. wkwkwkwk aku tiap semester dosennya ga diliatin, fa, jadi yha sama aja. paling kita bergantung dari luck sama kelas sama ruangan (tau si dosen A sukanya di gedung apa, atau dosen B anti gedung apa) gitu. udah server sering anjlok, gambling, suka dipindahin sekretaris lagi. padahal stres hari krs-an sama aja kayak stres nungguin anak lahiran wgwg qezal.

      itu kalo udah waiting list itu, apalagi misal diposisi 21/18 kemungkinan bakal dapet kecil kalau aku mah. orang semenit didiemin aja kelas penuh wkwk.

      btw, kamu auto a??????????????????????????????????????????? LAH ENAK PARAH. seandainya kampusku sebaik itu nilai didiemin dapet auto A 😦

      Like

      1. Aku server jarang anjlok sih, soalnya fakultas aku gak nebeng univ buat krs-an. Gak kebayang gimana kalo krs-an seuniv dari server yang sama. Hng 😥

        Tapi meski ada auto a juga aku gapernah ngerasain orang dosen aku dapetnya yg rajin ngoreksi ujian. Huh cedi 😢😢

        Like

  2. Wkwkwkwkwk…untungnya aku ngisi KRS manual, selamet deh.

    Emang klo ngisi KRS pke sistem online, apalagi klo stok dosen baik udh ga ada. Trs…satu semester itu matkulnya diisi dosen killer..kelar dah. siap2 remed akhir semester.(itu jg tergantung sikon),

    Suka ngiri sm tmn yg dpt dosennya asik2, ‘duh..semalem gue mimpi apa? kok apes gini?’meratapi nasib

    Tp hrs syukurin aja sih, nikmatin masa kuliah. 😁😁 ada seninya diajar dosen killer, iya kan?

    Like

    1. HUHU iya kak, meski krs manual ada susahnya, tapi kayaknya ga bakal sestres krs online deh APALAGI KALO SERVERNYA SUKA ANJLOK SENDIRI DAN KELASNYA BELOM DI-FIX-IN DAN SEKRETARIS DEPARTEMEN SUKA MINDAH-MINDAHIN KELAS SETELAH PERANG SAMPAI TITIK DARAH TERAKHIR HAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAH maaf saya emosi.

      kalau isi krs online, stock dosen enak ga ada pilihannya ada dua: berpasrah pada takdir, siapin stock kopi buat satu semester, atau keras kepala nungguin kelas sampe dipindahin administrator ke kelas dosen killer 😦 udah deh. rip ipk.

      makasih banyak kak nuruuuul! semangat terus kuliahnya! 🙂

      Like

      1. s2? duh rasanya 4 tahun lbh kuliah aja uuu…’makan’bukunya udh overload vin, RAM otaknya ke bates xD. apalagi s2 yg lebih dr itu😁 tambah tipislah ni rambut gara2 kebanyakan mikir

        Like

  3. EVINNNN aku baca ini langsung squealing inside tau gaaaa. bener bangeeeet, isi grup angkatan pas lagi krs war tuh ga ada bermoral-bermoralnya 😦 tapi gimana ya, krs war emang nyata adanya, dan buat fakultas yang ga nyediain semester pendek atau remedial kayak fakultasku, dapet jadwal dan dosen yang enak itu penting banget 😦 ini relatable deh pokoknya. thank youuu evin for writing thisss! semangat buat segalanya yaaaa ❤ ❤

    Like

    1. haiii kak nadya!

      wgwg emang super ngeselin dan super bikin galau sih krs-an. bcs krs menentukan dosen, dosen menentukan ip, ip menentukan nasib mahasiswa. jadi ya gitu 😦 sensitif banget deh kalau udah tanggalnya. senggol bacok. isinya makian semua hahahahah.

      makasih juga kak nadya! semangat kuliahnya!

      Like

  4. EVIN YOU NEED TO F-ING KNOW THAT. KEMAREN SIAK WAR TERBURUK SEPANJANG SEJARAH AKU SIAK WAR. Masa temenku bisa dari jam 11, aku jam 11.30 masih, “Lunasi tunggakan anda.” 🔥🔥🔥

    EH TERUS AKU DIBUKAIN TEMENKU BISA. DIA DI SBUX KOKAS. TAPI PAS AKU BUKA MASIH KEK GITU BAHKAN SAMPE JAM 12.15 HAHAHA. Gak masuk intern aku hari itu, ngurusin kutukan siak war 🔥🔥🔥

    Tahun lalu bahkan bagian akademisku sampe marah-marah ke yang belum ganti programnnya LOL.

    Jadi bagaimana kabar siakmu vin? 😂😂😂

    Like

    1. KACAUUUU, TAR. EMANG SEKACAU ITU. ASDFGAKSDGEYUFHWEF

      war kan biasanya jam 9-10an, ya. nah, grup angkatanku tuh udah ribet sendiri gitu dari jam segitu. dan kamu tau apa? baru. bisa. jam. setengah. 5. sore. dan itupun mendadak banget!!! ada temenku yang kayak kamu, jam set. 5 dia refresh, eh yang keluar malah peringatan tunggakan padahal mah di pembayaran belom ada tagihan dan dia ke bank belom bisa dibayar 😦 NGESELIN GA SIH? terus akhirnya dia nitip aku kan, tapi pas kubuka juga gitu. padahal lagi, semenit kemudian, kelas yang enak langsung overquota kayak 28/16 HUHU.

      untungnya aku pas lg iseng nge-refresh terus bisa, yaudah jadinya aku dapet sih. cuma ya harus melewati kegalauan sampe ga berani keluar, ga berani bobo siang meski ngantuk dan bosen bgt nungguin 😦 mana aku kan ada satu peminatan yang dihilangin gitu, tar, sementara semester ini matkulku pengantar peminatan semua. jadi karena satu peminatan ga ada, bobot sks cuma 16. terus katanya ada matkul baru mau ditambahin biar 19-20. TAPI DAFTAR KELASNYA SAMPE SEKARANG GA ADAAAAAAAAAAAAA BUAT MATKUL BARU dan katanya belom fix:””” ish kesel banget, parah. dan lagi nih, ada 2 matkul wajib fakultas cuma ada 1 kelas, terus kuotanya dikit banget padahal se-fisip departemenku tuh paling banyak massanya. jadwal isi matkul fakultas itu katanya tgl 12 tapi TADI SIANG TBTB MUNCUL COBAK! AKHIRNYA AKU TERMASUK YANG GA DAPET. JADI SAMPE SEKARANG AKU MASIH ANXIOUS karena matkul wajib fakultas aku belum dapet kelas :(((( sumpah sih sekacau itu. semua orang marah-marah. adkesma juga bingung wkwkwkwk gimana yha mahasiswa disuruh siap, disuruh ga deadline. tapi staff administrator begindang kan saya qezal.

      tp meme dari anak fasilkom yang di kantor polisi cina yang TIDAKKKKKKKKKKKKK TIDAKKKKKKKKKKKK itu lucu parah HAHAHAHA jadi lumayan menghibur. tau ga, tar? HAHA.

      anyway, semangat yaaa magangnya and have a nice day, tari! ❤ ❤

      Like

Leave Your Thoughts

