[3WC] – Keta

Humpback whales spend about ninety percent of their time beneath water surface.

[little hands. daybreak. whale.]

“Benarkah ukuran paus bungkuk sebesar rumah, Mister Taetae?”

Taehyung mengulum sebuah senyum simpul. Pendar sepasang manik di hadapannya membawa pria itu kepada reminisensi masa kecil. Umurnya baru menginjak tahun kelima ketika beratnya yang tak seberapa giat melesak di sofa ruang tengah demi menunggu acara masak di televisi berganti menjadi tayangan dokumenter hewan liar. Ia sadar kebiasaan demikian merupakan awal dari apa yang menjadi kehidupannya sekarang.

Benih dari kecintaannya yang tak pernah pudar.

“Paus bungkuk yang ada di sana—” Taehyung menunjuk hamparan Pasifik di depan mereka, membentang dari Rurutu hingga Antartika, “—punya tubuh sebesar bus kota.” Dia mengerling si anak—Jason—lalu melanjutkan, “Dan kau tahu beratnya berapa?” Saat teman kecilnya menggeleng dengan kuriositas menyala-nyala, dia menjawab, “Empat puluh ton. Sangat, sangat berat, Jase, tapi bergerak sangat, sangat lambat.”

“Astaga.” Mata Jason membentuk lingkaran sempurna. “Apakah mereka malas, Mister Taetae?”

Si peneliti menggeleng gemas. Anak-anak dan kepolosan mereka; betapa Taehyung mengaguminya. Hipotesis adalah satu hal, tapi kapan lagi seseorang bisa menyimpulkan sesuatu tanpa beratus-ratus kali melewati proses pengecekan? “Mereka bisa berenang sejauh 16.000 mil ketika sedang migrasi—o, migrasi artinya mencari rumah yang lebih nyaman, Jase; perairan yang airnya hangat. Itu jarak yang jauuuh sekali. Jadi mana mungkin mereka mahkluk pemalas, ya ‘kan?”

“Mm … hanya lamban, kalau begitu?”

“Ya, hanya lamban.”

Jason mengangguk tanda mengerti, lantas menunduk sedetik kemudian; kembali tenggelam dalam buku tentang paus yang baru saja diberikan si peneliti. Taehyung memerhatikan bagaimana dua biner zamrudnya tekun mengamati foto si mamalia air yang terekam begitu agung nan tenang.  Ia mengeja satu per satu kata, penuh kehati-hatian, sampai pada fakta bahwa paus bungkuk memiliki nyanyian bersuara unik.

“Kau mau mendengarkan suaranya?” tawar Taehyung iseng tapi yakin. Tanpa menunggu respons, ia mengeluarkan ponsel berisi sebuah rekaman lama. Rekannya, Yoongi, entah bagaimana berhasil mengonversi bunyi-bunyian dari hidrofon menjadi format Mp3. Dan lantaran atasannya kelewat sering meminta bukti penelitian secara tiba-tiba, maka Taehyung menyimpan beberapa data pengamatan ke dalam sang alat hubung untuk mempermudah pengiriman.

Jason terlihat seperti nyaris melompat kesenangan, tetapi sebelum sang peneliti bahkan sempat mengetikkan kode pembuka, namanya sudah dipanggil oleh kawannya yang lain—sang fotografer; terlihat kesulitan membawa tabung oksigen di punggung, tas perlengkapan menyelam super besar di dada, dan dua ransel berisi kamera bawah air beserta seluruh lensanya dengan kedua tangan. Taehyung berputar dan sang rekan berseru lagi dalam bahasa yang tak pernah Jason dengar sebelumnya—aksennya terkesan lucu dan aneh—lalu Taehyung menanggapi dengan susunan fonem yang mirip.

“Mister Taetae?” Fokus si anak turis terpecah antara sang peneliti dan ponsel di genggamannya dengan harapan membuncah, berusaha menarik kembali perhatian yang bersangkutan, namun jawaban yang didapatkan nyatanya malah mengecewakan.

“Ah, maaf, Jase, aku harus pergi sekarang. Waktu istirahatku sudah selesai dan temanku di sana minta bantuan membawa barang ke kapal,” ujar Taehyung, kini dengan bahasa yang Jason mengerti. Si peneliti berdiri, kembali mengantongi ponselnya, lalu menepuk celananya pendek bermotif hawaii-nya yang kini dihiasi pasir putih. Jason memberengut, begitu sebal pada rekan Taehyung yang merebut pria itu.

Namun Taehyung menyadari cebikan itu dan tertawa sedikit. Ia mengacak rambut teman kecilnya dan berkata ringan, “Hei, kami akan bertemu dengan sekelompok paus bungkuk hari ini, jadi aku bisa memperdengarkan suara yang lebih baru kalau kami kembali. O, dan aku akan memberikanmu fotonya. Temanku itu pandai sekali mengambil foto.” Dia menambahkan kala Jason masih terlihat tak senang, “Dan kau boleh meminjam bukuku dulu selama menunggu. I’ll see you soon, yeah, little champ?

O, dan Taehyung baru melangkah dua kali, tapi sepasang telapak berukuran mini menarik pergelangannya, membuatnya berhenti dan menoleh. “Tunggu—Mister Taetae!”

“Yeah?”

“Tolong sampaikan salamku untuk paus bungkuk, ya?”

Kekehan renyah si peneliti bersaing melawan kaokan burung camar kala ia menyamai tingginya dengan si anak dan memberikan tepukan di kedua bahunya. “Tentu saja, Jase. Tapi … mengapa tidak bertemu langsung dengan mereka saja suatu hari nanti?”

Dua netra yang nyalang itu sekali lagi melambungkan angan Taehyung pada determinasi masa kecilnya.

A/N:

  • thanks a lot shiaaaa sudah request, ehehe. semoga kamu suka. semoga memuaskan. tbh aku maju mundur antara bikin researcher!tae atau aquariumdiver!tae tau, shiii HAHA. kalo aquariumdiver!tae tadinya mau pake paus beluga, HEEEEE.
  • keta means an image that inexplicably leaps back into your mind from the distant past. credit to dictionary of obsecure sorrow.
  • KARENA FEATURED IMAGE-NYA EPIC SEKALI (SUMPAH SAYA SEJATUH CINTA ITU SAMA GAMBAR INI AAAAAAAAAAA) JADI SAYA HARUS MENYERTAKAN CREDIT KE SINI.
  • have to research a lot, antara lain:
    1. Rurutu ada di French Polynesia. di tengah lautan pasifik sana. salah satu tempat paling pas buat liat migrasi paus bungkuk sampai ada turismenya sendiri KARENA IYA, PAUSNYA BISA KELIATAN DARI TEPI PANTAI MEN OMG. pulaunya kecil sebenernya, tapi dari gambar sih bagus sekali. dan beberapa tempat di dalamnya masih dihuni sama suku asli. cekiceki?
    2. segala tentang paus bungkuk didapatkan dari sini, sini dan sebenarnya dua situs lain…. tapi sayang saya nggak sengaja closing tab kemarin dan hapus history 😦
    3. hidrofon itu alat buat ngerekam bunyi-bunyian di bawah laut, jadi hewan yang dimaksud adalah hewan bawah laut.
    4. mau dengar suara paus bungkuk? di sini.
  • see you really, really soon! ❤
  • bonus.
10 thoughts on “[3WC] – Keta

  1. LAH VIN AKU KAGET BARU SEHARI UDAH ADA [3WC] DAN OH MAN INI TAEHYUNG. HAH.

    HAH.

    HAH.

    HAH.

    Taehyung dan anak kecil :((((( ya Allah aku bisa apa sampe sefangirling ini aku… padahal yang ff bercover taehyung aja belum baca tapi kenapa ini… VIN HELP serius pingin gigit bantal :” hasil research-nya pula entahlah aku malu random terus vin semangaat BTW SUARA PAUS BUNGKUKNYA VIN HEUHEUHEU GEMASSSS!!

    Sekali lagi terima kasih udah buat ini dan terima kasih shia sudah request ❤ ❤ ❤

    Like

    1. HAHAHAHA iya bel aku sekali duduk bisa biki 2-3 WC soalnya kan cuma pendek-pendek huhu. emang dasar evin gabut sihhhhh :(((

      yha kan yha kan! kita sudah bicara banyak soal taehyung dan anak kecil yang bikin matek hahahahaha 😦 sudahlah, tae, kapan-kapan kita harus ke panti asuhan bareng yuk yuk kuy. aku pengen banget sih ke panti asuhan dan ngerayain sesuatu sama mereka yang di sana :”)))) daaaan kenapa harus malu, research isn’t hard thing to do, bel, due to internet! yeah! hahaha xD OMG YA KAN PAUSNYA GEMES BANGEEEEEEEEEEEEEEEEEET OMG ❤ ❤

      makasih juga kamu udah komentar, bel bel belakuuuh ❤

      Like

  2. HUHUHU KAK EVIN HUHUHU GIMANA INI AKU SENANG BANGET DONG HASILNYA JADI BEGINI? Sumpah, meski ini pendek tapi puaaaas banget gitu karena aku spazzing over researcher!tae banget. DAN JASON HUHUHU mau cubit diaaaa omg kenapa gemesin :((((

    — AKU JUGA SUKA POSTERNYA!!! Demi deh waktu kak evin bilang punyaku udah di-post aku yang kayak wah kak evin why so fast!!! Terus begitu masuk ke link-nya aku sebahagia itu omg emang bagus banget, rasanya ingin kupajang! Ntar deh kujadiin wallpaper laptop huhu thanks kak!
    — suka suka sukaaa banget sama interaksi taehyung-jason. Oh, Lord. Bikos di bayanganku dan di fiksi ini tuh pas banget sikap taehyung kalau lagi sama anak kecil. Apalagi dia emang bisa seunyu itu kan kalau berhadapan sama anak kecil 😦 Taehyung + anak kecil = me dead.
    — aku mau angkatin jempol-jempol unyuku buat research-nya kak evin! That rurutu, tho, taehyung pls take me there ❤ 😭
    — btw three words-nya itu judul lagu semua lho hehehe. Dan aku agak shocked gitu waktu pencet link bonus. LAH WHALIEN 52. Kak evin, aku padamu. Yakinlah. Kata ‘whale’ aja aku juga asal comot dari lagu ituuu huhu 😦
    — terus, apa ya. OYA SUARA PAUSNYAAA! Kak evin, aku padamulah pokoknya. Penasaran deh itu suara mereka itu artinya apa ya 😦

    Kak eviin, thank you pokoknya sudah ngadain sesi terima request, dan request punyaku jadinya bisa unyu kayak gini, huhuhu 😦 ❤ ❤ ❤

    Like

    1. HUHUHUHU AKU LEBIH SENANG KALAU KAMU SENANG, SHIA, PERCAYALAAAAAAH. AAAAAA MAKASIH UDAH SUKAAAA ❤ ❤ ❤ iya, tadi itu. aku ngerasa whale adalah topik yang unik, jadi aku sengaja ga bikin daily life tapi cari-cari variasi lain deh. jadilah reasercher!tae featuring jason! hehe.

      -IYA KAAAAAAAAAAAAN! sumpah keren banget aku ga ngerti lagi cara ngambilnya gimana. aku kayaknya mau berguru sampai gimana pun ga bakal bisa deh nangkep gambar sebagus dan se-majestic itu huhu </3
      -SAMA SHI. terlemah kalo taehyung udah deket-deket sama anak kecil. aku udah jadi jelly yang belum beku a.k.a masih bentuknya air mendidih, huhu 😦
      -makasih jempolnya, shia, but research-nya easy peasey lemon squishy kok. internet sangat membantu yeyeyey! jadi bukan masalah. hehehehe.
      -HEHE i just know kamu ngambil dari whalien somehow karena lagu mana lagi yang bawa-bawa 52-hertz whale HEHE. yeokshi bangtan.
      -IYAAAAAAAAAAA EMANG LUCU BANGET KAAAAN. itu suaranya mungkin isinya gombalan atau pick-up line, shi. soalnya paus bungkuk baru ngeluarin nyanyian kayak gitu pas musim kawin buat menarik betina, hehehe. oiyaaa, yang bisa ngeluarin juga paus jantan aja biasanya :))

      makasih juga shiaaaaaaa sudah dropping request, baca dan komentar terus suka juga sama ceritanya! aaaa aku terharu. ditunggu buat request kedua nanti ya. siap-siap tae jadi apa lagi bcs aku sudah ada bayangan HAHAHAHAHAHAHA

      Liked by 1 person

  3. WOW EVIN WOW 😍😍
    Baru aja kemaren aku liat kamu buka rikues eh ini udah ada yg jadi aja heuheu kamu kok teladan sekali aku iriii :33 kemaren pen rikues juga tapi aku hesitated coz yg lain udah pada rikues jadi yaaa gausah deh ya. Lain kali aja hehe
    Trus trus ini bagus banget omg omg sukaaa bacanyaa 😻 taetae ayah-able sekali duh aku bayanginnya kayak tae sama bocah2 seperti biasa adudu gemay bat gakuat sayah 😂
    Belom lagi kamu keren ih risetnya ada rurutu apa aku baru denger ._. Ini mah namanya ff plus plus 👍
    HWEEE POKOKNYA AKU MAH MAU NUNGGU SEMUA RIKUESANNYA DIBIKIN PASTI KEYEN PAKE BANGET HUHU EVINQU ❤ UDAH AH W NGERUSUH AJA DI SINI /menyelam bersama paus/

    Like

    1. halo, washfa!

      hahaha engga kok. ga teladan. ini akunya aja yang kurang kerjaan, jadi bisa bikin cepet fa. kalo udah di rumah habis bingung mau ngapain lagi, yaudah nulis aja deeeh hehe. btw makasih yaa kamu udah nge-request! ditunggu nanti hehehe ❤

      ayahable HAHAHA aku tbh belum bisa bayangin bangtan jadi bapak-bapak. di bayanganku mereka masih kayak senior-senior yang sering ngumpul di kantin fakultas gitu, fa. jadi yaa….. masih kakakable lah ya xD makasih banyak washfaaa. kamu semangat terus! 🙂

      Liked by 1 person

      1. Evin mah udah libur ya apalah daku yang masih ada 3 matkul lagi di uas huhuu 😭

        Iyasih bangtan masih oppa2 gitu wkwk anw yang aku bayangin pas baca ini tuh visual tae yg pake kacamata bulet trus pake kemeja putih kan jadi scientist look banget ya hehe 😄

        Kay dehh aku jadi gasabar nunggu rikuesan aku jadi 😇

        Like

  4. HALO KAK EVIN YG KEPRODIKTIFANNYA MELEBIHI AMOEBA YG KALAU MEMBELAH DIRI GAK KIRA KIRA /apasih capslok/ ((sorriiiii)) kkkkk xD
    O, ya aku cuman lagi kegirangan 3 words-nya udah dimasukin dalam list work kak evin. Ini semacam free commision dari para artist yg kesempatannya ga bisa dilewatin dan orang pasti nungguin buat ikut gituan. Tapi kalo soal tulis-menulis, ini jenis porsir diri (eeeeeeeh jangan di-iya-in kalo gak ngerasa keporsir > <) berfaedah kali, ya? Soalnya tiap kali riset dapat ilmu di sana sini heheh
    Semangat, kak! ❤

    Terus teruuuus soal kim taehyung, aku kok kalau baca cowok peneliti sama anak kecil bayangannya malah bapak-bapak kurus, tinggi, berkacamata, pakai kemeja putih rapi. Kadang juga kebayang si bapak di animasi epic HAHAH
    Tapi, kak, aku tuh suka tipe tipe cerita yg ada unsur pembelajarannya kayak gini. Jadi gak usah repot ngubek ensiklopedia, huahahahah (udah ah, ujungnya ketawa mulu)

    Btw, selamat berlibur ya, kak. Aku liburannya mah bikin pusing, mikirin tes masuk perguruan tinggi ;A;
    Segitu aja ya, kak, aku cuma bisa muji kalau abis baca cerita kak evin. HAHAHAH (nah kan ketawa lagi)

    Like

    1. halo juga, liza! HAHAHAHA wait amoeba membelah diri. aku ketawa dulu hahahahah x’D

      iyaaa, ditunggu ya nanti 3 words kamu. aku sebenere udah ada bayangan, tp belom mampu mengeksekusi soalnya ternyata aku minggu ini keluar, dan sekalinya keluar ya seharian terus dari pagi sampe malem huhu. today di rumah, sih, cuma aku tepar lelah sekali, dan besok ada agenda lagi. so gatau deh bisa nulis apa engga, huhu. but pasti akan kubuat, jadi ditunggu liz, moga2 minggu depan udah ada HAHAHAHAHA :”) daaaaaaaaaaaaaaaaaan tbh aku sama sekali tida merasa keforsir bcs i enjoyed every moment ehe :”))

      eeee steriotip ya hahaha. iya sih biasanya kan peneliti gitu outfit-nya formal. tapi di bayanganku tae tetep jadi tae yang fashionable masa, liz, meski mungkin baju dia bukan gucci ya hahahaha xD di sini aku bayangin dia pake celana pendek hawaii warna merah gitu, terus sama kaos putih plus outer kemeja warna pastel polos ga dikancing gitu :”)) hahahaha.

      aaa semangat, liz. semoga nanti dapet di tempat yang kamu mau, yaa. good luck and have a nice day! ❤ ❤

      Like

Leave Your Thoughts

